Attack-Attack I kissed a girl

Kamis, 04 April 2013

Bahasa Indonesia 2 - Pernalaran Induktif

Nama : Alfizar NPM : 10210550 Kelas : 3EA18 PERNALARAN INDUKTIF Pernalaran induktif adalah pernalaran yang bertolak dari pernyataan-pernyataan yang khusus dan menghasilkan simpulan yang umum. Dengan kata lain, simpulan yang diperoleh tidak lebih khusus daripada pernyataan (premis). Beberapa bentuk pernalaran induktif adalah sebagai berikut. 1.Generalisasi Generalisasi ialah proses pernalaran yang mengandalkan beberapa pernyataan yang mempunyai sifat tertentu untuk mendapatkan simpulan yang bersifat umum. Dari beberapa gejala dan data, kita ragu-ragu mengatakan bahwa “Lulusan sekolah A pintar-pintar.” Hal ini dapat kita simpulkan setelahbeberapa data sebagai pernyataan memberikan gambaran seperti itu. Contoh: Jika dipanaskan, besi memuai. Jika dipanaskan, tembaga memuai. Jika dipanaskan, emas memuai. Jadi,jika dipanaskan, logam memuai. Sahih atau tidak sahihnya simpulan dari generalisasi itu dapat dilihat dari hal-hal yang berikut: 1) Data itu harus memadai jumlahnya. Makin banyak data yang dipaparkan, makin sahih simpulan yang diperoleh. 2) Data itu harus mewakili keseluruhan. Dari data yang sama itu akan dihasilkan simpulan yang sahih. 3) Pengecualian perlu diperhitungkan karena data-data yang mempunyai sifat khusus tidak dapat dijadikan data. 2.Analogi Analogi adalah cara penarikan pernalaran secara membandingkan dua hal yang mempunyai sifat yang sama. Contoh: Ryan adalah lulusan akademi A. Ryan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Tari adalah lulusan akademi A. Oleh sebab itu, Ryan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Tujuan pernalaran secara analogi adalah sebagai berikut: 1) Analogi dilakukan untuk meramalkan kesamaan. 2) Analogi digunakan untuk menyingkapkan kekeliruan. 3) Analogi digunakan untuk menyusun klasifikasi. 3.Hubungan Kausal Hubungan kausal adalah pernalaran yang diperoleh dari gejala-gejala yang saling berhubungan. Misalnya, tombol ditekan, akibatnya bel berbunyi. Dalam kehidupan kita sehari-hari, hubungan kausal ini sering kita temukan. Hujan turun danjalan-jalan becek. Ia kena penyakit kanker darah dan meninggal dunia. Dalam kaitannya dengan hubungan kausal ini, tiga hubungan antar masalah, yaitu sebagai berikut. a. Sebab-Akibat Sebab-akibat ini berpola A menyebabkan B. di samping itu, hubungan ini dapat pula berpola A menyebabkan B, C, D, dan seterusnya. Jadi, efek dari satu peristiwa yang dianggap penyebab kadang-kadang lebih dari satu. Dalam kaitannya dengan hubungan kausal ini, diperlukan kemampuan pernalaran seseorang untuk mendapatkan simpulan pernalaran. Hal ini akan terlihat pada suatu penyebab yang tidak jelas terhadap sebuah akibat yang nyata. Kalau kita melihat sebiji buah mangga jatuh dari batangnya, kita akan memperkirakan beberapa kemungkinan penyebabnya. Mungkin mangga itu ditimpa hujan, mungkin dihempass angin, dan mungkin pula dilempari oleh anak-anak. Pastilah salah satu kemungkinan itu yang menjadi penyebabnya. Andaikata angin tiba-tiba bertiup (A), dan hujan yang tiba-tiba turun (B), ternyata tidak sebuah mangga pun yang jatuh (E), tentu kita dapat menyimpulkan bahwa jatuhnya buah mangga itu disebabkan oleh lemparan anak-anak (C). Pola seperti itu dapat kita lihat pada rancangan berikut. angin hujan lemparan mangga jatuh (A) (B) (C) (E) angin hujan mangga tidak jatuh (A) (B) (E) Oleh sebab itu, lemparan anak menyebabkan mangga jatuh. (C) (E) Pola-pola seperti itu sesuai pula dengan metode agreement yang berbunyi sebagai berikut. Jika dua kasus atau lebih dalam satu gejala mempunyai satu dan hanya satu kondisi yang mengakibatkan sesuatu, kondisi itu dapat diterima sebagai penyebab sesuatu tersebut. teh, gula, garam menyebabkan kedatangan semut (P) (Q) (R) (Y) gula, lada, bawang menyebabkan kedatangan semut (Q) (S) (U) (Y) Jadi, gula menyebabkan kedatangan semut. (Q) (Y) b. Akibat-Sebab Akibat-Sebab ini dapat kita lihat pada peristiwa seseorang yang pergi ke dokter. Ke dokter merupakan akibat dan sakit merupakan sebab, jadi mrip dengan entimen. Akan tetapi, dalam pernalaran jenis akibat-sebabini, peristiwa sebab merupakan simpulan. c. Akibat-Akibat Akibat-Akibat adalah suatu pernalaran yang menyiratkan penyebabnya. Peristiwa “akibat” langsung disimpulkan pada suatu “akibat” yang lain. Contohnya adalah sebagai berikut. Ketika pulang dari pasar, Ibu Meysya melihat tanah di halamannya becek. Ibu langsung menyimpulkan bahwa kain jemuran di belakang rumahnya pasti basah. Dalam kasus itu penyebabnya tidak ditampilkan, yaitu hari hujan. Pola itu dapat dilihat seperti berikut. hujan menyebabkan tanah becek (A) (B) hujan menyebabkan kain jemuran basah (A) (C) Dalam proses pernalaran, “akibat-akibat”, peristiwa tanah becek (B) merupakan data, dan peristiwa kain jemuran basah (C) merupakan simpulan. Jadi, karena tanah becek, pasti kain jemuran basah. (B) (C) 4.Salah Nalar Gagasan, pikiran, kepercayaan, atau simpulan yang salah, keliru, atau cacat disebut salah nalar. Salah nalar ini disebabkan oleh ketidaktepatan orang mengikuti tata cara pikirannya. Apabila kita perhatikan beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia secara cermat, kadang-kadang kita temukan beberapa pernyataan atau premis tidak masuk akal. Kalimat-kalimat yang seperti itu disebut kalimat dari hasil salah nalar. Kalau kita pilah-pilah beberapa bentuk salah nalar itu, kita dapat membagi salah nalar itu dalam beberapa macam, yaitu sebagai berikut. 4.1.Deduksi yang Salah Salah nalar yang disebabkan oleh deduksi yang salah merupakan salah nalar yang amat sering dilakukan orang. Hal ini terjadi karena orang salah mengambil simpulan dari suatu silogisme dengan diawali oleh premis yang salah atau tidak memenuhi syarat. Beberapa contoh salah nalar jenis ini adalah sebagai berikut. a. Pak Julian tidak dapat dipilih sebagai lurah di sini karena dia miskin. b. Bunga anggrek sebetulnya tidak perlu dipelihara karena bunga anggrek banyak ditemukan dalam hutan. c. Dia pasti cepat mati karena dia menderita penyakit jantung. 4.2.Generalisasi Terlalu Luas Salah nalar jenis ini disebabkan oleh jumlah premis yang mendukung generalisasi tidak seimbang dengan besarnya generalisasi itu sehingga simpulan yang diambil menjadi salah. Beberapa contoh salah nalar jenis ini adalah sebagai berikut. a. Gadis Bandung cantik-cantik. b. Kuli pelabuhan jiwanya kasar. c. Orang makasar pandai berdayung. 4.3.Pemilihan Terbatas pada Dua ALternatif Salah nalar ini dilandasi oleh pernalaran alternative yang tidak tepat dengan pemilihan “itu” atau “ini”. Beberapa contoh pernalaran yang salah seperti itu adalah sebagai berikut. a. Engkau harus mengikuti kehendak ayah, atau engkau harus berangkat dari rumah ini. b. Dia membakar rumahnya agar kejahatannya tidak diketahui orang. c. Engkau harus memilih antara hidup di Jakarta dengan serba kekurangan dan hidup di kampung dengan menanggung malu. 4.4.Penyebab yang Salah Nalar Salah nalar jenis ini disebabkan oelh kesalahan menilai sesuatu sehingga mengakibatkan terjadi pergeseran maksud. Orang tidak menyadari bahwa yang dikatakannya itu adalah salah. Beberapa contoh salah nilai yang termasuk jenis ini adalah sebagai berikut. a. Matanya buta sejak beberapa waktu yang lalu. Itu tandanya dia melihat gerhana matahari total. b. Sejak ia memperhatikan dan membersihkan kuburan para leluhurnya, dia hamil. c. Kalau ingin dikenal orang, kita harus memakai kecamata. 4.5.Analogi yang Salah Salah nalar dapat terjadi apabila orang menganalogikan sesuatu dengan yang lain dengan anggapan persamaan salah satu segi akan memberikan kepastian persamaan pada segi yang lain. Beberapa contoh jenis salah nalar seperti ini adalah sebagai berikut. a. Julian, seseorang alumni Universitas Indonesia, dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. Oleh sebab itu. Bintang, seorang alumni Universitas Indonesia, tentu dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik. b. Pada hari Senin, langit di sebelah barat menghitam, angin bertiup kencang, dan tidak lama kemudian turun hujan. Pada hari Selasa, langit sebelah barat menghitam, angin bertiup kencang, dan tidak lama kemudian turun hujan. Pada hari Rabu, langit sebelah barat menghitam, angin bertiup kencang. Hal ini menandakan bahwa tidak lama lagi akan turun hujan. 4.6.Argumentasi Bidik Orang Salah nalar jenis ini adalah salah nalar yang disebabkan oleh sikap menghubungkan sifat seseorang dengan tugas yang diembannya. Dengan kata lain, sesuatu itu selalu dihubungkan dengan orangnya. Beberapa contoh salah nalar jenis ini adalah sebagai berikut. a. Program keluarga berencana tidak dapat berjalan di desa kami karena petugas keluarga berencana itu mempunyai anak enam orang. b. Kamu tidak boleh kawin dengan Sonia karena orang tua Soniaitu bekas penjahat. 4.7.Meniru-niru yang Sudah Ada Salah nalar jenis ini adalah salah nalar yang berhubungan dengan anggapan bahwa sesuatu itu dapat kita lakukan kalau atasan kita melakukan hal itu. Beberapa contoh salah nalar jenis ini adalah sebagai berikut. a. Peserta penataran boleh pulang sebelum waktunya karena para undangan yang menghadiri acara pembukaan pun sudah pulang semua. b. Siswa SMA seharusnya dibenarkan mempergunakan kalkulator ketika menyelesaikan soal matematika sebab professor pun menggunakan kalkulator ketika menyelesaikan soal matematika. 4.8.Penyamarataan Para Ahli Salah nalar itudisebabkan oleh anggapan orang tentang berbagai ilmu dengan pandangan yang sama. Hal ini akan mengakibatkan kekeliruan mengambil simpulan. Beberapa contoh salah nalar jenis ini adalah sebagai berikut. a. Perkembangan system pelayaran kita dpat dibahas secara panjang lebar oleh Ahmad Ichsan, seorang tukang kayu yang terkenal itu. b. Pembangunan pasar swalayan itu sesuai dengan saran Iman, seorang ahli di bidang perikanan. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Penalaran Dari buku : “Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi” Pengarang : E. Zaenal Arifin, S. Arman Tasai Penerbit : Akademika Pressindo, 1995