Attack-Attack I kissed a girl

Selasa, 23 Oktober 2012

Metodee Riset 3

Nama : Alfizar NPM : 10210550 Kelas : 3ea18 Tema : Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Judul : Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario Pada Masyarakat di Wilayah Pamulang BAB I PENDAHULUAN 1. LATAR BELAKANG MASALAH Perilaku pembelian seseorang dapat dikatakan sesuatu yang unik, karena preferensi dan sikap terhadap obyek setiap orang berbeda. Selain itu konsumen berasal dari beberapa segmen, sehingga apa yang diinginkan dan dibutuhkan juga berbeda. Masih terdapat banyak faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Produsen perlu memahami perilaku konsumen terhadap produk atau merek yang ada di pasar, selanjutnya perlu dilakukan berbagai cara untuk membuat konsumen tertarik terhadap produk yang dihasilkan. Assael (1995) dalam Sodik (2004) mengembangkan model perilaku konsumen dengan menetapkan tiga faktor yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Faktor pertama yang berpengaruh pada konsumen adalah stimuli. Stimuli menunjukkan penerimaan informasi oleh konsumen dan pemprosesan informasi terjadi saat konsumen mengevaluasi informasi dari periklanan, teman atau dari pengalaman sendiri. Pengaruh kedua berasal dari Hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi proses atau keputusan pembelian telah banyak dilakukan. Melalui riset ini akan dianalisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keputusan pembelian sepeda motor HondaVario . Ketertarikan pemilihan merek tersebut karena produk sepeda motor Honda vario semakin diminati tidak hanya dikalangan wanita Indonesia tetapi juga seluruh kalangan anak muda. Gaya hidup modern merupakan salah satu faktor individu yang dapat mempengaruhi perilaku pembelian seseorang, Sepeda motor Honda vario adalah salah satu sepeda motor outometic atau disebut juga Skutermatik yang dulunya di rancang khusus untuk wanita, tetapi sekarang diminati oleh semua kalangan anak muda. 2. Masalah a. Batasan masalah berdasarkan batasan masalah yang dikemukakan sebelumnya, permasalahan yang dihadapi adalah volume penjualan sepedah motor honda vario yang berada diposisi no 2 sehingga pihak honda sendiri harus merilis produk baru yang dia beri nama honda beat. Dilihat dari pendahuluan di atas di tarik beberapa pertanyaan yaitu: Apakah kualitas produk berpegaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang? Apakah promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang? Apakah desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang? Apakah secara bersama-sama kualitas produk, promosi, dan desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang? Faktor manakah diantara kualitas produk, promosi, dan desain yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang? b. Tujuan penelitian sesuai dari rumusan masalah di atas dapat di lihat tujuan masalah dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh kualitas produksi, promosi, dan desain terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. 2. Untuk mengetahui faktor yang mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Honda vario pada masyarakat wilayah Pamulang. c. kerangka teori kualitas produk berpegaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian- produk desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk secara bersama-sama kualitas produk, promosi, dan desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Keterangan Sepeda motor model Skutermatik semakin melaju. Kontribusinya hampir setara dengan penjualan sepeda motor model Bebek 125cc ke atas yang merupakan produk andalan. Dapat dilihat tercatat volume penjualan semester pertama tahun 2007 sebagai berikut: Tabel 1.1 Volume penjualan semester pertama tahun 2007 Skutik Posisi Model / Type Penjualan 1 Yamaha mio 224.190 2 Honda beat 220.180 3 Suzuki Spin 27.809 4 Yamaha Nouvo 8.388 5 Kymco Free 2.711 Sumber: Tabloid Otomotif (Edisi 16/XVII/2007, 20 juli 2007) Prestasi yang baik diraih oleh Honda vario yang mampu berada di posisi 2 padahal ini termasuk skutermatik yang baru datang belakangan. Tentu saja perusahaan honda tidak tinggal diam. Dan untuk mendapatkan posisi nomer satu, honda bulan Agustus 2007 merilis Honda beat yang tampangnya lebih ramping . Rupanya Honda sadar bahwa walau pun Honda beat dibuat untuk wanita, tetapi pemakai beat justru lebih banyak pria. Sedangkan Yamaha Nouvo cukup berada di posisi 4 mengungguli Kymco si pelopor pertama sepeda motor outomatik.Tabloid Otomotif (Edisi 16/XVII/2007, 20 juli 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar