Attack-Attack I kissed a girl

Selasa, 28 Desember 2010

MANUSIA DAN HARAPAN



Harapan  adalah Setiap manusia pasti mempunyai harapan ,manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya .

Peyebab manusia mempunyai harapan  adalah  Pada umumnya kodratnya manusia adalah mahkluk social . ditengah-tengah manusia itulah,seorang dapat hidup dan berkembang baik fisik atau jasmani maupun mental atau spritualnya . ada 2 hal yang mendorong hidup bergaul dengan manusia lainnya yakni dorongan kodrat dan kebutuhan hidup . dorongan kodrat menyebabkan manusia mempumpanyai keinginan atau harapan ,misalnya menangis,tertawa,bergembira,dan sebagainya .dalam diri manusia masing-masing sudah terjelma sifat , kodrat pembawaan clan kemampuan untuk hidup bergaul, hidup bermasyarakat atau hidup bersama dengan manusia lain . manusia mempunyai bermacam-macam kebutuhan , kebutuhan hidup itu pada garis besarnya dapat dibedakan atas : Kebutuhan jasmani dan rohani . kebutuhan jasmaninya adalah makan,minum,pakaian,dan rumah (sandang,pangan,papan).

Sesuai dengan kodratnya manusia atau kebutuhan manusia adalah :
- kelangsungan hidup
- keamanan
- hak dan kewajiban untuk mencintai dan dicintai
- diakui lingkungan
- perwujudan cita-cita
Percaya pada Tuhan YME, dilakukan dengn berdo’a kepada-Nya. Doa adalah memohon atau meminta suatu yang bersifat baik kepada Allah SWT seperti meminta keselamatan hidup, rizki yang halal dan keteguhan iman. Sebaiknya kita berdoa kepada Allah SWT setiap saat karena akan selalu didengar olehNya.

Do’a terbagi ke beberapa macam, yaitu :
1.Do’a masalah (permintaan) adalah: Meminta untuk diberikan manfaat dan dicegah dari
kemudharatan, atau sesuatu yang sifatnya permintaan. Dan ini dibagimenjadi tiga:
a) Permintaan yang ditujukan kepada Allah semata dan ini (termasuk tauhid dan berpahala)
b) Permintaan yang ditujukan kepada selain Allah, padahal dia tidak mampu memenuhi dan memberikan permintaannya. Seperti meminta kepada kuburan, pohon-pohon besar atau tempat-tempat keramat. Dan ini termasuk syirik dan dosa besar.
c) Permintaan yang ditujukan kepada selain Allah pada hal-hal yang bisa dipenuhi dan bisa dilakukan, seperti meminta prang lain, yang masih hidup untuk memindahkan atau membawakan barangnya dan ini hukumnya boleh.
2. Do’a Ibadah maksudnya Semua bentuk ibadah atau ketaatan yang diberikan kepada Allah baik lahiriah maupun batiniah, karena pada hakikatnya semua bentuk ibadah misalnya shalat, puasa,Haji dan sebagainya, tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan ridha Allah dan dijauhkan dari azab-Nya.
Kepercayaan Artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran . Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan,atau keyakinan akan kebenaran
3 TEORI KEBENARAN :
1. Teori koherensi atau konsisten yaitu suatu pernyataan dianggap benar apabila pernyataan tersebut bersifat koherensi atau konsisten dengan pernyataan pernyataan sebelumnya yang dianggap benar .
2. Teori korespondensi yaitu suatu pernyataan benar bila materi pengetahuan yang dikandung pernyataan itu berkomponden (berhubungan) dengan obyek-obyek yang dituju oleh pernyataan tersebut
3. Teori pragmatis kebenaran atau suatu prnyataan diukur sengan criteria apakah peryataan tersebut bersifat funsional dalam kehidupan praktis
Kepercayaan dapat dibedakan menjadi :
  • Kepercayaan pada diri sendiri
  • Kepercayaan kepada orang lain
  • Kepercayaan kepada pemerintah
  • Kepercayaan kepada Tuhan YME.
Kepercayaan kepada Tuhan YME dapat ditingkatkan dengan
  • Selalu menjalankan perintah – Nya dan menjauhi larangan-Nya
  • Menjaga hubungan dengan sesama manusia
  • Menjauhkan diri dari sifat-sifat tercela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar