Attack-Attack I kissed a girl

Selasa, 28 Desember 2010

MANUSIA DAN KEGELISAHAN



Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.
Tabiat kehidupan dunia adalah penderitaan, kesedihan dan kesusahan. Kondisi-kondisi yang meliputi manusia tidak pernah ‘kering’ dari kesedihan atas masalah yang telah dilalui, atau kegelisahan atas masalah yang sedang menghantui, atau kecemasan atas masalah yang akan diarungi. Ini sesuai dengan firman Allah SWT:

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.” [QS. al-Balad: 4]
Menurut Sigmund Freud, kecemasan dibagi menjadi tiga macam, yaitu :
  • Kecemasan tetntang kenyataan (objektif), suatu kenyataan yang pernah di alami oleh seseorang pada masa lalu, yang membuat orang tersebut menjadi shocked karena nya.
  • Kecemasan Neoritis, kecemasan yang timbul karena penyesuian  diri dengan lingkungan, takut akan hal yang dibayangkan atau takut akan dirinya sendiri, sehingga menekan ego.Kecemasan ini akan membuat seseorang menjadi gelisah akan suatu hal yang buruk yang sedang dibayankannya.
  • Kecemasan Moril, disebabkan oleh pribadi seseorang, dimana tiap pribadi memiliki berbagai macam emosi seperti : iri, benci, dendam, dengki, marah, gelisah, rasa kurang cinta.Sifat seperti itu, merupakan sifat yang tidak baik dan menyebabkan rasa takut, cemas, gelisah, khawatir dan putus asa.
Apabila di kaji, sebab sebab orang gelisah adalah karena mereka takut kehilangan berbagai macam haknya seperti hak untuk hidup, hak milik, hak memperoleh perlindungan dan lain-lain.
Langkah-langkah untuk mengatasi kegelisahan :
1.    Lakukan dialog dengan diri sendiri seperti, Mengapa perasaan gelisah ini terjadi? apa yang menjadi penyebab kegelisahan ini? Apakah saya akan tetap terbelenggu dalam perasaan gelisah ini atau ingin terbebas? Dsb.
2.    Rubah cara berfikir dari perasaan pertama menuju ke perasaan kedua.Maksudnya adalah,  Perasaan Kedua membuat diri kita untuk melakukan tindakan secara efektif daripada Perasaan Pertama yang membuat diri kita selalu protektif.
3.    Lepaskan perasaan yang telah menyesakkan hati. Cara yang terbijak adalah katakan dan ucapkan secara tegas kepada diri Anda bahwa Anda ingin berubah
Keterasingan.
Keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain.
Kesepian
Kata dasar kesepian adalah sepi, sedangkan kata keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain.
Faktor-faktor  penyebab terjadinya kesepian :
a. rasa percaya diri yang rendah
b. perasaan ditolak (tidak diterima oleh teman, atau merasa berbeda)
c. kepribadian introvert
d. ketidakmampuan menjalin hubungan dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar