Attack-Attack I kissed a girl

Selasa, 28 Desember 2010

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



Tanggung Jawab adalah Sebuah amanat atau tugas dari seorang yang dipercayakan buat kita untuk menjaganya.
Sedangkan makna dari sebuah tanggung jawab adalah siap menerima kewajiban atau tugas yang diberikan kepada kita.
Jenis-jenis tanggung jawab :

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Contoh : menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian.

2. Tanggung jawab terhadap keluarga
Contoh : menjaga nama baik keluarga dengan tidak melakukan hal-hal yang buruk dimasayarakat serta meningkatkan nama baik diri sendiri untuk keluarga dalam berbagai hal.

3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Contoh : manusia merupakan mahluk sosial, yang tidak dapat mengerjakan segala sesuatu nya senidiri, sehingga manusia membutuhkan bantuan orang lain untuk mengerjakan nya.Dengan memiliki rasa tanggung jawab untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

4. Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara
Contoh : tiap manusia tiap individu adalah warga negara yang menempati suatu wilayah dengan aturan-aturan yang ada di wilayah tersebut.Manusia yang bertanggung jawab kepada negara adalah manusia yang mentaati peraturan yang ada.Karena peraturan di buat untuk di taati bukan di langgar.



5. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Contoh : Tanggung jawab terhadap Tuhan YME tentu kita lakukan dengan menjalankan ibadah – ibadah sesuai dengan kepercayaan masing – masing .
Pengertian pengabdian menurut WJS. Poerwodarminto adalah hal-hal yang berhubungan dengan mengabdi.
Mengabdi adalah suatu penyerahan diri kepada “suatu” yang dianggap lebih, biasanya dilakuka dengan ikhlas, bahkan diikuti pengorbanan. Dimana pengorbanan berarti suatu pemberian untuk menyatakan kebaktian, yang dapat berupa materi, perasaan, jiwa raga.
Pengorbanan  adalah Pemberian untuk menyatakan kebaktian . dengan demikian pengorbanan yang mengandung unsure keikhlasan yang tidak mengandung pamrih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar